Minggu, 26 Mei 2013

Krisis Percaya Diri dan Faktor Penyebabnya

Setelah kita mengetahui apa itu Percaya diri,ciri-ciri orang yang percaya diri dan tidak,kemudian Krisis percaya diri dan Penyebabnya,saatnya kita cari Tips atau cara Mengatasi krisis Percaya Diri anda.


Krisis percaya diri biasanya ditimbulkan oleh perasaan.Perasaan malu/minder dan merasa banyak kekurangan lain2.Krisis percaya diri sering dipicu oleh timbulnya perasaan kurang akan diri sendiri. Kita merasa miskin, kurang gaul, jelek, tidak pandai, dll.

Kita selalu menggangap orang lain lebih tinggi dari kita. Kalau pandangan tersebut nantinya dapat memacu diri agar lebih maju, itu sangat dianjurkan. Tapi kalau pandangan tersebut hanya akan membuat diri kita semakin terpuruk, sebaiknya buang jauh-jauh pandangan yang seperti itu. Sudah sepatutnya sebagai manusia kita wajib bersyukur, karena rasa syukur adalah kunci hidup bahagia.

Ada pepetah bijak mengatakan"Belajarlah menjadi orang yang bahagia dengan apa yang Anda miliki, sementara Anda tetap berusaha untuk mendapatkan apa yang masih belum Anda capai."

Memang tidak mudah dan terkadang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengembalikan atau mengatasi krisis percaya diri yang kita alamiKadang, diperlukan beberapa hari, minggu, bahkan berbulan-bulan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, jika kita konsisten menerapkan caranya, akhirnya Anda akan menemukan diri Anda yang baru, yang lebih kuat, dan yang lebih percaya diri!

Berikut ini sekelumit Tips yang mudah mudahan bisa meningkatkan rasa percaya diri anda.

Catatan Harian
Menulis setiap hari membuat Anda melakukan refleksi diri setiap hari. Refleksi harian dapat membantu menguatkan apa yang Anda ketahui, apa yang Anda pelajari, dan apa yang masih perlu Anda perhatikan.

Tunjukkan rasa terima kasih 
Tuliskan setiap hari lima hal yang membuat Anda merasa harus berterima kasih dan bersyukur, dan lakukan. Ini akan membantu perasaan Anda serta memperkuat karakter yang akan terwujud dalam rasa percaya diri.

Gunakan penegasan 
Tulis keinginan Anda dan bagaimana mewujudkannya dalam sehari-hari. Misalnya, “Saya ingin lebih percaya diri setiap hari.” Ucapkan di depan cermin, atau rekam suara Anda. Dengar/baca kembali setidaknya satu kali sehari.

Memulai hubungan baru 
Identifikasi orang yang Anda kagumi, bisa dijadikan guru atau sebaliknya. Cari orang yang akan menemani Anda melewati suka dan duka. Dengan meningkatkan percaya diri, Anda akan membahagiakan diri sendiri.


Ubah perilaku 
Kenali hal apa yang meningkatkan dan menghilangkan rasa percaya diri Anda. Berolahraga dan berpakaian baik serta pantas, akan meningkatkan percaya diri. Selalu mengatakan “ya” untuk menghindari pertengkaran (padahal Anda ingin mengatakan “tidak”) akan menghilangkan rasa percaya diri Anda.


Ungkapkan 
Menahan apa yang ingin dikatakan karena takut bagaimana orang akan menerima kita dapat mematahkan rasa percaya diri. Jangan ragu untuk mengungkapkan apa yang Anda pikirkan atau sukai.

Ambil risiko setiap hari 
Cara terbaik untuk mendukung rasa percaya diri adalah dengan mulai melakukan hal-hal yang selama ini Anda takuti.

Nah itulah sekelumit tips Mengatasi krisis Percaya Diri yang dapat saya tulis semoga bermanfaat dan masalah krisis percaya diri anda bisa teratasi.......
Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar