Minggu, 26 Mei 2013

kamu bisa

Krisis Percaya Diri dan Faktor Penyebabnya

Krisis Percaya Diri dan Faktor Penyebabnya - Tips Mengatasi krisis Percaya Diri - Percaya Diri Dalam Islam - Ciri ciri Orang Yang Percaya Diri|dan Orang yang Tidak Percaya Diri|Minder - PERCAYA DIRI (PD)|Apa Itu Percaya Diri
 Pada posting yang lalu saya telah menyampaikan menenai Ciri ciri Orang Yang Percaya Diri|dan Orang yang Tidak Percaya Diri|Minder.untuk posting kali ini saya berusaha mengulas mengenai Krisis Percaya Diri dan Faktor Penyebabnya,lansung saja kita simak....



 Memiliki rasa percaya diri (PD) itu penting lho. Kalau punya PD tinggi, kita bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita secara optimal. Nggak perlu lagi deh kita merasa minder atau malu-malu ketika harus tampil di pasar, ups… di depan umum maksudnya. Pada kesempatan apapun. Dengan PD, kita juga bisa jadi tambah pinter, karena kita juga jadi berani angkat tangan untuk bertanya. Dan bisa jadi juga kita dikenal oleh banyak orang karena nggak minder dalam pergaulan.

 Menjadi manusia yang memiliki krisis percaya diri memang tidak enak. Pertama kita sering korban perasaan sendiri. Omongan orang lain sering kali dirasakan merendahkan diri kita. Saat kita berbicara tetapi tidak ditanggapi merasa dilecehkan. Mudah tersinggung. Bahkan ada yang sibuk untuk terus menerus menjelekkan orang lain yang dianggap menyaingi kita.

 Yang kedua, masalah krisis percaya diri bisa menjadikan kita memiliki ketakutan yang luar biasa. Ketakutan ini akan menyebabkan kita tidak mau mengambil tindakan yang beresiko. Bahkan sekecil apa pun resiko itu. Akibatnya, akan kehilangan banyak peluang.

  Berbagai macam penelitian membuktikan bahwa beberapa orang akan cenderung tegang ketika berhadapan dengan suatu tantangan. Bahkan ketika gagal menguasai ketegangan, orang akan menjadi ragu dalam menghadapi suatu tantangan sekecil apapun. Banyak sekali penyebab munculnya beragam krisis percaya diri. Selain muncul dari suatu tantangan dan situasi, krisis percaya diri juga muncul dari kurangnya penampilan yang di anggap tidak sesuai dengan ukuran sosial atau trend yang ada saat ini.

  Apa yang menyebabkan kiris percaya diri?

 Penyebab yang paling Utama Adalah Diri Sendiri

 Meskipun lingkungan bisa menyebabkan kita mengalami krisis percaya diri, namun sesungguhnya penyebab utamanya itu adalah diri sendiri. Kuncinya ialah bagaimana Anda menyikapi lingkungan Anda. Jika Anda “termakan” oleh omongan lingkungan, maka Anda akan rendah diri. Namun jika Anda “merdeka” maka apa pun yang dikatakan oleh lingkungan Anda tidak akan pernah mempengaruhi diri Anda.
 Anda mungkin salah, tetapi bukan berarti Anda orang yang selalu salah. Kesalahan bisa diperbaiki. Begitu juga dengan kegagalan. Anda mungkin pernah gagal, tetapi bukan berarti Anda adalah orang gagal. Anda hanya pernah gagal. Dan kita tahu, semua orang pernah salah dan semua orang pernah gagal. Itu adalah manusiawi. Kenapa harus merasa rendah diri?????

 Faktor penyebab krisis percaya diri yang berasal dari diri sendiri diantaranya,
 1.Tidak percaya diri karena merasa memiliki fakto kekurangan secara fisik,seperti:
  •  Kelengkapan anggota tubuh (cacat )
  • Ukuran tubuh (trlalu kurus,terlalu gemuk,kurang tingi dsb,)
  •  Proporsi tubuh(tubuh kurang proporsional) 
  •  Warna kulit,dan banyak lagi.
 2.Fikiran.Kita suka mikir yang enggak-enggak tentang diri kita sendiri.
 3.Takut salah,Takut salah bisa membuat kita nggak maju. Kalo kita selalu ngerasa takut salah dalam melakukan sesuatu, pasti kita nggak akan pernah bisa berhasil.

 Lingkungan Mungkin Mempengaruhi

 Tidak dipungkiri, sikap orang-orang yang ada di lingkungan kita bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita. Sering kali, orang-orang di sekitar kita menyikapi kegagalan atau kekurangan kita dengan cara yang tidak baik. Misalnya mengejek kegagalan kita, membicarakan kekurangan kita di depan orang lain, atau membesar-besarkan kekurangan atau kegagalan kita. Hal seperti ini mungkin terjadi karena sikap masyarakat terhadap kegagalan dan kekurangan masih perlu diperbaiki.

  Yang selanjutnya adalah pergaulan,Kalo kita bergaul sama pengecut, otomatis kita juga akan jadi pengecut, karena pergaulan kita mempengaruhi kepribadian kita, karena kita berada di lingkungan yang mayoritas tidak punya rasa PD tinggi. Percaya deh, sedikit banyak, kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan di mana kita berada. Kan kata Rasullullah juga, “Dirimu adalah sebagaimana temanmu”

 Faktor penyebab  lainya adalah kita sering terlalu mendengarkan pendapat orang lain,makanya Kita sering terpengaruh dengan pendapat orang lain, dan malangnya tidak semua pendapat itu benar. Pendapat atau masukan dari luar boleh saja kita tampung. Tugas kita adalah mengolahnya, sekaligus untuk evaluasi diri. Seandainya pendapat itu justru membuat kita menjadi mundur atau ragu-ragu,harus dong ditolak.
Dari berbagai sumber.

Itulah krisis percaya diri dan beberapa faktor penyebabnya yang dapat saya berikan untuk anda,mudah -mudahan bermanfaat......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar